Sejarah Olahraga MMA (Mix Martial Art)

Sejarah Olahraga MMA (Mix Martial Art) 1

Dengan mengetahui namanya sendiri kata MMA merupakan salah satu cabang olahraga yang sedang populer. Setelah adanya kejuaraan tertinggi sekelas UFC, cabang olahraga beladiri yang menggabungkan antara tendangan, pukulan dan kuncian ini langsung melejit menjadi cukup populer. Yang semua itu menjadi sejarah Olahraga MMA

Meski pada dasarnya kebanyakan orang kebanyakan mengatakan bahwa olahraga MMA ini merupakan olahraga campuran. Namun kenyataannya sangat berbeda. Berikut catatan tengan olahraga yang satu ini.

Penggabungan dari Berbagai Bela Diri – Sejarah Olahraga MMA

Sejarah Olahraga MMA (Mix Martial Art)

Nama beladiri seperti Taek Kwon Do, Kung Fu, Muay Thai hingga yang kelas lokal seperti Pencak Silat pastinya sudah cukup umum di telinga kita. Namun untuk MMA sendiri memang baru tenar pada beberapa tahun belakangan.

MMA sendiri merupakan gabungan dari beberapa bela diri, diantaranya Tinju, Muay Thai, Karate, Taek Kwon Do dan cabang olahraga lain. Yang nantinya didalamnya berisikan tentang bantingan, kuncian bahkan cara menjatuhkan lawan.

Dan hal terkait menjatuhkan lawan sendiri diambil dari beberapa bela diri seperti Judo, Jujitsu hingga Gulat sekalipun.

Asal Muasal UFC – Sejarah Olahraga MMA

Percaya atau tidak jika sebelumnya ajang UFC sendiri bukan merupakan ajang pertarungan yang sangat serius. Melainkan pada awalnya hanya semata untuk memperkenalkan bela diri dengan teknik Gracie Jujitsu atau yanug sering di sebut Jiujitsu dari Brasil.

Salah satu penggas yang bernama Rorion Gracie mengatakan bahwa mengadakan kompetisi ini diperkirakan bisa dengan mudah memperkenalkan bela diri yang satu ini.

Pertandingan perdana UFC dilakukan pada 1993 silam di Nevada Colorado Amerika Serikat. Pada laa pertama ini memang ajang ini memberikan banyak kebebasan.

Hanya saja sang lawan tidak boleh menggigit, mencolok mata dan adanya batasan waktu per rondenya. Diajang ini bagi siapa saja yang berpartisipasi diperbolehkan menggunakan seragam yang mewakili bela diri tertentu.

Dan bahkan untukĀ  seorang petinju sendiri boleh menggunakan sarung tinju pada saat itu. Dan seperti pada umumnya peraturan yang hampir sama dengan tinju pada umumnya, UFC akan berhenti jika asa salah satu lawan yang mengatakan menyerah.

Bahkan dengan adanya pertandingan tanpa banyak aturan ini UFC dikenal sebagai salah satu ajang pertarungan yang sangat brutal di Amerika Serikat.

Munculnya MMA – Sejarah Olahraga MMA

Sejarah Olahraga MMA (Mix Martial Art) 2

Seiring berjalannya waktu hingga akhirnya dari awal UFC hingga akhirnya munculah MMA yang didalamnya sudah mulai adanya beberapa peraturan yang terbaru.

Sejak di beli oleh Zuffa yang merupakan gabungan dari Frank dan Lorenzo Fertitta yang membeli ajang UFC ini. Sebagai informasi bahwa kedua orang tersebut merupakan mantan pemilik Kasino di Las Vegas.

Dibantu dengan Dana White yang merupakan sahabat dari Fertitta ajang UFC sudah mulai diperkenal luaskan. Setelah itu sudah mulai adanya batasan seperti kelas petarung yang nantinya akan digelar.

Bahkan olahraga ini sudah langsung diawasi oleh asosiasi MMA dari komisi Atletik Amerika Serikat yang membuatkan peraturan MMA de Facto.

Yang didalamnya berisikan bahwa ajang MMA digelar sebanyak 3 ronde, yang masing-masing digelar per 5 menit. Dan untuk saat adanya perebutan juara sendiri akan digelar 5 Ronde dengan durasi waktu yang sama.

Pride Jadi Pesaing UFC – Sejarah Olahraga MMA

Sejarah Olahraga MMA (Mix Martial Art) 3

Pada tahu 1997-2007 sempat adanya olahraga yang serupa yang bernam PRIDE yang merupakan organisasi yang memiliki lisensi inetrenasional asal Jepang. Namun bedanya mereka memiliki durasi waktu lebih lama yaitu 10 menit per rondenya.

Dan bahkan olahraga UFC sendiri saking kerap mendapatkan kontak langsung antara sang petarung, olahraga ini kerap memakan korban jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *